https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
ANALISIS ASPEK SOSIOLOGI SASTRA NOVEL TUHAN KENAPA KAU MEMBERIKU WAJAH INI? KARYA ISA ALAMSYAH DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA | Aeni | SURYA BAHTERA

ANALISIS ASPEK SOSIOLOGI SASTRA NOVEL TUHAN KENAPA KAU MEMBERIKU WAJAH INI? KARYA ISA ALAMSYAH DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Wiwit Nur Aeni, Kadaryati Kadaryati, Joko Purwanto,

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik; (2) aspek sosiologi; (3) hubungan antaraspek; (4) rencana pelaksanaan pembelajaran isi novel Tuhan, Kenapa Kau Memberiku Wajah Ini? karya Isa Alamsyah di kelas XII SMA. Objek penelitian berupa aspek-aspek sosiologi. Teknik pengumpulan data berupa teknik studi pustaka, teknik baca, dan teknik catat. Teknik analisis data berupa analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik (a) tema: perjuangan Hanif menyelamatkan diri dari berbagai ancaman kehidupan; (b) tokoh utama: Hanif Yahya, tokoh tambahan: Uday, Saddam Hussein, Ummi, dan Abi; (c) latar tempat: Baghdad, Istana Republik, dan Skotlandia, Latar waktu: pagi, siang, sore dan malam, latar suasana: sedih, bahagia, dan ricuh. (d) alur: maju. (e) sudut pandang: orang ketiga serba tahu, dan (f) pantang menyerah, dan berani karena benar; (2) aspek sosiologi (a) aspek kekerabatan: anak dengan ibu, anak dengan ayah, dan istri dengan suami, (b) aspek cinta kasih: cinta kasih terhadap keluarga dan cinta kasih terhadap teman, (c) aspek moral: bersyukur, menghormati, jujur, dan pantang menyerah, (d) aspek pendidikan: pemberi motivasi, dan sikap keteladanan, (e) aspek ekonomi: perekonomian keluarga sukses dan sukses prestasi di pekerjaan, (f) aspek religi: mualaf, dan berdoa; (3) hubungan antaraspek (a) cinta kasih dengan religi, (b) pendidikan dengan ekonomi, (c) cinta kasih dengan kekerabatan, (d) kekerabatan dengan moral. (4) RPP di kelas XII SMA dengan metode Think-Pair-Share. Langkah: siswa mengidentifikasi unsur intrinsik dan aspek sosiologi, bergabung dengan pasangan untuk berdiskusi, dan mempresentasikan hasil diskusi. Penilaian berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap

Kata kunci: aspek sosiologi, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran

Abstract: This study aims to describe: (1) intrinsic elements; (2) sociological aspects; (3) the relationship between aspects; (4) the lesson plan contents of the novel Tuhan, Kenapa Kau Memberiku Wajah Ini? by Isa Alamsyah in class XII of SMA. Technique of the research is literature review, reading technique, and note technique. Analysis of this research is collecting data. Based on the analysis, it can be concluded that (1) intrinsic element: (a) theme: Hanif's struggle to save himself from various life threats; (b) main characters: Hanif Yahya, additional characters: Uday, Saddam Hussein, Ummi, and Abi; (c) setting of place: Baghdad, Palace of the Republic, and Scotland, setting of time: morning, afternoon, evening and night, setting of atmosphere: sad, happy, and chaotic. (d) plot: forward. (e) point of view: third person omniscient, and (f) never give up, and be brave because it's true;(2) sociological aspects (a) kinship aspects: children with mothers, children with fathers, and wives with husbands, (b) aspects of love: love for family and love for friends, (c) moral aspects: gratitude, respect, honesty, and abstinence giving up, (d) educational aspects: motivating, and exemplary, (e) economic aspects: successful family economy and successful achievement at work, (f) religious aspects: converts, and prays; (3) relationship between asp


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Handayani, Vera Tri. 2017. Analisis Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Ayah Karya Andrea Hirata Serta Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK. Jurnal Bahtera. Vol 4. No 8, September 2017. Hal 225-234. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Kusumawardani, Arum. 2018. Analisis Sosiologi Sastra Novel Pada Senja Yang Membawamu Pergi Karya Boy Candra Dan Rencana Pelakasanaan Pembelajarannya Di Sma. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Surya Bahtera. Vol 6. No. 56, 880-888.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Retnosari, Dewi. 2018. Analisis Sosiologi Sastra Novel Cinta Tak Bersyarat Karya Yetti A.Ka Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya Dengan Metode Kuantum Di Sma Universitas Muhammadiyah Purworejo. Surya Bahtera. Vol 6. No. 56, 907-915.

Setyorini, Nurul. 2014. Aspek-aspek Stilistika Novel Lalita karya Ayu Utami. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa untuk Meningkatkan Kualitas Manusia Indonesia yang Berkarakter dalan Era Mondial. http.//ejournal.umpwr.ac.id. Diakses 2 Februari 2021 Pukul 15.27 WIB.

Soekanto, Soerjono. 2019. Sosiologi Suatu Pengantar. Depok: Rajawali Pers.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Sugono dkk. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa: Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.